Sour Dough


roti sourdough adalah roti yang dibuat dengan menggunakan fermentasi ragi liar tanpa penambahan ragi instant maupun bread improver. ragi ini dapat dibuat dari tepung gandum, buah-buahan bahkan sayur-sayuran dengan cara difermentasi sebelum dijadikan biang sourdough.
roti yang terbuat dari ragi liar alami lebih sehat, mudah dicerna, harum dan kaya rasa karena selama proses fermentasi yeast liar mengubah senyawa pada roti menjadi senyawa sederhana yang lebih mudah diserap tubuh, sehingga tubuh tidak perlu bekerja keras untuk mencerna makanan. hal ini dapat menghemat enzim berharga yang ada di dalam tubuh.
selain itu mikroorganisme juga menambahkan banyak gizi dan nutrisi dari enzim yang dihasilkan oleh yeast liar selama proses fermentasi. enzim-enzim ini dapat meningkatkan kesehatan dan bersifat anti-kolestrol, anti-kanker dan anti-oksidan.
keuntungan lain dari roti ragi alami adalah daya simpan roti lebih lama karena yeast liar dan mikroorganisme menghasilkan senyawa antibakteri dan meningkatkan keasaman sehingga roti dapat disimpan lebih lama.
Di sini saya telah membuat biang yang akan menjadi yeast alami untuk pembuatan sour Dough. 
Bahan untuk membuat biangnya yaitu 100 gr tepung gandum dan air. Perbandingannya 1:1 dan di beri makan tiap hari dengan tepung terigu.

 Kondisi 2 hari
 Kondisi 5 hari
Kondisi 1 Minggu

Biang yang bagus memiliki pori-pori yang jelas pada toples.
Untuk membuat biang hidup yang siap digunakan untuk menjadi yeast pada roti, kita akan membuka Living agar biangnya aktif.
Cara membuat Living yaitu 1tsp biang, 75 gr tepung terigu dan air. Selanjutnya di diamkan selama 12 jam.
Setelah 12 jam, living siap digunakan dengan cara campurkan tepung terigu sebanyak 700 gr dan air dan diamkan selama 30 menit dan aduk adoana hingga kalis dan di proofing dan di panggang selama 45 menit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

All About Kitchen

@soratemplates