Baguette



Baguette (bəˈɡɛt) adalah roti yang bentuknya lain dari roti lainnya yaitu panjang dan ukurannya yang besar, dan sangat renyah. Diameter standar Baguette kira-kira 5 atau 6 cm, tetapi panjangnya dapat mencapai 1 meter. Roti ini memiliki berat 250 gram. Tekstur luarnya sangat keras. Di mana dalamnya putih dan lembut. Dan ketika ditekan, ia akan kembali ke bentuk semulanya. Yang mana ini merupakan tes untuk mengetahui roti yang masih baik.
Roti ini menjadi simbol budaya di Perancis. Selain anggur wine dan keju.
Roti ini memiliki beberapa variasi seperti: -Roti Setengah Panjang, Digunakan dengan keju, selai dan bahkan untuk dicelupkan ke kopi atau cokelat. -Roti Panjang Tidak selalu 250 gram. Seperti, roti Parisian 400 gram, dan jenis flute memiliki berat 125 gram.
Roti ini dibuat hanya dari tepung, air, ragi dan garam. Tanpa adanya telur, susu dan minyak.
Di Indonesia, Namanya Roti Tongkat
Roti ini diberi nama Baguette. Roti yang berasal dari Prancis ini biasanya dijadikan santapan sehari-hari. Biasanya roti ini memiliki bentuk yang bulat panjang dengan diameter sekitar 5-6 sentimeter dan panjangnya 65 sentimeter. Karena bentuknya yang lebih panjang dari roti biasanya, di Indonesia roti Baguette ini disebut dengan roti tongkat.

Proses Pembuatannya
Bahan baku yang digunakan untuk membuat roti Baguette ini adalah tepung terigu, ragi, air dan garam. Semua bahan dicampur dijadikan satu adonan. Kemudian adonan tadi didiamkan selama semalam, lalu besoknya sudah bisa dipanggang kurang lebih selama dua jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

All About Kitchen

@soratemplates