Ingredients

Tomat adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.
Cara menanam tanaman tomat adalah disemai lebih dahulu, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari. 
Fungsi & Vitamin
Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.
Perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.
Berikut adalah beberapa tips menyimpan tomat:
  • Menyimpan Tomat Segar di luar Kulkas
Jika Anda mempunyai tempat penyimpanan tomat yang bersuhu antara 12 C- 21 C, maka tomat yang tua dan menjelang merah dapat disimpan dalam jumlah banyak selama 4-6 minggu. Tomat yang telah berwarna merah dapat dikeluarkan bertahap untuk dikonsumsi.
  • Menyimpan Tomat Kalengan
Tomat dalam kaleng dapat disimpan di tempat kering bersuhu ruang selama 6 bulan selama kaleng belum dibuka. Apabila tomat kalengan dibuka dan tidak habis dikonsumsi, sisa tomat harus segera dipindahkan ke dalam wadah gelas atau plastik yang bersih kemudian dimasukkan ke dalam kulkas. Bila tidak dipindahkan akan mengakibatkan tomat berbau kaleng. Tomat kalengan yang telah dibuka masih dapat disimpan selama 1 minggu.
  • Membekukan Tomat
Untuk menyimpan dalam waktu lama, tomat juga dapat dibekukan. Bekukan tomat dalam keadaan bulat utuh atau bisa juga dalam keadaan telah diiris-iris. Simpan tomat di dalam kantong plastik tertutup di dalam freezer. Bila dikeluarkan dari freezer tomat akan menjadi seperti bubur, tetapi rasanya tetap enak untuk dimasak sebagai hidangan sup atau saus tomat. Untuk keperluan masakan lain, tomat yang telah dibekukan tidak dapat menggantikan tomat segar.
  • Saus Tomat dan Puree Tomat
Saus tomat buatan sendiri dapat dibekukan sampai 2 bulan dalam wadah yang tertutup rapat dalam freezer. Selain saus, tomat juga bisa dibuat puree. Cara membuatnya adalah rebus tomat sejenak agar mudah dikuliti kemudian diblender halus. Tomat blender ini dimasak hingga airnya berkurang. Hasil akhir tomat yang dimasak ini disebut dengan puree dan dapat langsung digunakan sebagai masakan atau dibekukan.
  • Mengeringkan Tomat
Tomat dapat diawetkan dengan cara mengeringkannya dengan cahaya matahari. Cara mengeringkan tomat:
  • tomat dibelah menjadi 2 bagian, kemudian dijemur di atas kawat kasa
  • tomat dijemur sambil dibolak-balik sampai kering.
  • Selama pengeringan harus dijaga dari kemungkinan terkena air
  • Tomat kering yang diolesi minyak zaitun rasanya lezat dan bisa disimpan dalam kulkas selama 6-9 bulan dalam wadah kering dan tertutup

 
 Kunyit adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. 
Kegunaan
Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet.[2] Produk farmasi berbahan baku kunyit, mampu bersaing dengan berbagai obat paten, misalnya untuk peradangan sendi (arthritis-rheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul.
Produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus) pasar dan industrinya sudah berkembang. Suplemen makanan dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E, Lesitin, Amprotab, Mg-stearat, Nepagin dan Kolidon 90. 
Sebagai obat
Umbi (rimpang) yang berumur lebih dari satu tahun dapat dipakai sebagai obat, umbi (rimpang) kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung , merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan.
Menyimpan kunyit agar awet
Sama seperti jahe, kunyit utuh rentan busuk atau bertunas jika disimpan sembarangan. Setelah beli, masukkan kunyit utuh dalam plastik ziplock atau wadah kedap udara. Letakkan di tempat kering dan gelap, bisa di rak dapur atau kulkas. Dengan cara ini, kunyit utuh akan tetap segar selama 1-2 minggu.
Untuk penyimpanan bubuk kunyit, pastikan untuk meletakkannya jauh dari paparan sinar matahari atau kompor. Sebab, kualitas bubuk kunyit dapat berubah serta menjadi lembap. Nah pada umumnya, bubuk kunyit dikemas dalam wadah bersegel (biasanya yang ini bermerk) dan ada pula yang dikemas dalam kantong plastik. Agar lebih awet, pindahkan bubuk kunyit dalam kantong plastik ke wadah kedap udara dan kering.
Masa awet bubuk kunyit dapat disesuaikan dengan tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Kalau tak ada, lebih baik pakai bubuk kunyit sebelum 1 bulan.

Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis dan keadaan makanan atau minuman. Gula sederhana, seperti glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau hidrolisis asam), menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel.

Jenis

  • Gula merah
Gula merah adalah jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Gula merah yang dipasarkan dalam bentuk cetakan batangan silinder, cetakan setengah bola dan bubuk curah disebut sebagai gula semut
  • Gula tebu
Gula tebu kebanyakan dipasarkan dalam bentuk gula kristal curah. Pertama tama bahan mentah dihancurkan dan diperas, sarinya dikumpulkan dan disaring, cairan yang terbentuk kemudian ditambahkan bahan tambahan (biasanya menggunakan kalsium oksida) untuk menghilangkan ketidakkemurnian, campuran tersebut kemudian diputihkan dengan belerang dioksida. Campuran yang terbentuk kemudian dididihkan, endapan dan sampah yang mengambang kemudian dapat dipisahkan. Setelah cukup murni, cairan didinginkan dan dikristalkan (biasanya sambil diaduk) untuk memproduksi gula yang dapat dituang ke cetakan. Sebuah mesin sentrifugal juga dapat digunakan pada proses kristalisasi.
Gula batu adalah gula tebu yang tidak melalui tahap kristalisasi. Gula kotak/blok adalah gula kristal lembut yang dipres dalam bentuk dadu. Gula mentah (raw sugar) adalah gula kristal yang dibuat tanpa melalui proses pemutihan dengan belerang. Warnanya agak kecoklatan karena masih mengandung molase, namun sekarang gula batu sudah bersih dalam pembuatannya sehingga gula batu yang berwarna coklat sudah tidak ada lagi.
  • Gula bit
Setelah dicuci, bit kemudian di potong potong dan gulanya kemudian di ekstraksi dengan air panas pada sebuah diffuse. Pemurnian kemudian ditangani dengan menambahkan larutan kalsium oksida dan karbon dioksida. Setelah penyaringan campuran yang terbentuk lalu dididihkan hingga kandungan air yang tersisa hanya tinggal 30% saja.
Gula kemudian diekstraksi dengan kristalisasi terkontrol. Kristal gula pertama tama dipisahkan dengan mesin sentrifugal. Sentrifugasi dilakukan untuk memisahkan kristal gula dengan molasses. Upaya agar sentrifugasi berlangsung secara optimal adalah dengan pengaturan kecepatan putaran. Kecepatan putaran sangat mempengaruhi kekuatan mesin tersebut dalam melepaskan lapisan molasses dari kristal gula. Kecepatan putaran sentrifugasi dan cairan yang tersisa digunakan untuk tambahan pada proses kristalisasi selanjutnya. Ampas yang tersisa (di mana sudah tidak bisa lagi diambil gula darinya) digunakan untuk makanan ternak dan dengan itu terbentuklah gula putih yang kemudian disaring ke dalam tingkat kualitas tertentu untuk kemudian dijual.

Penyimpanan
- Simpan di Wadah Tertutup
 - Udara Terbuka
 - Jauhkan Dari Api


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

All About Kitchen

@soratemplates