Daily Report 1.2

Hari Kedua 
Hai guys, hari ini  tanggal 7 Agustus 2017, kebetulan di kitchen kampus sedang kedatangan tamu dari Balai Diklat Industri(BDI), jadi kelas kami di bagi menjadi 2 kelompok bagi nomor urut ganjil bertugas untuk membantu peserta diklat dan nomor urut genap bertugas untuk menjadi steward. Kebetulan saya bernomor urut genap dan mendapat bagian steward, kami bergantian untuk membersikan peralatan dan yang lainnya membereskan ingresdient store dan pukul 16.30 kami  General Cleaning ( GC ) dan jam 17.00.

Berikut cara membersihkan peralatan dapur berbahan stainless steel, yuk simak tips-tips nya disini.
Baca juga :

1. Rendam Peralatan Dapur Dengan Air Dingin
Cara ini cukup ampuh untuk merawat peralatan dapur anda yang berbahan stainless steel karena dengan melakukan tindakan merendam peralatan berbahan stainless steel saat keadaan masih panas, maka akan mempermudah mengangkat dan melunakkan sisa-sisa dari makanan yang berada di dasar wadah sehingga proses pembersihannya menjadi lebih mudah.
2. Gunakan Spons Pembersih Piring Dan Sabun Cuci Piring
Cara yang satu ini memang umum digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga saat ini. Sangat mudah prosesnya tinggal tuangkan sabun cuci ke spons pembersih, basahi spons dengan air, remas-remas sampai berbusa, kemudian aplikasikan ke peralatan stainless steel anda, usap-usap secara merata dan menyeluruh agar tidak ada noda-noda yang tertinggal.
3. Menggunakan Perasan Jeruk Lemon
Setelah peralatan berbahan stainless steel dibersihkan, alangkah baiknya dilakukan pengaplikasian perasan jeruk lemon dengan cara mengolesinya secara merata dan menyeluruh ke semua bagian-bagiannya tanpa terlewatkan. Selain mengurangi bau yang ditimbulkan dan minyak yang ditinggalkan dari sisa-sisa makanan, perasaan jeruk lemon juga ampuh untuk menjaga kebersihan dan membuat stainless steel tetap mengkilat. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur.
4. Menggunakan  Air Cuka
Cara ini juga bisa digunakan untuk menjaga kebersihan peralatan berbahan stainless steel. Biasanya sering digunakan untuk membersihkan wastafel berbahan stainless steel. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, setelah proses pembersihan menggunakan air dan sabun cuci piring selesai, anda bisa memolesnya dengan cairan cuka untuk memaksimalkan kebersihan peralatan anda.
5. Menggunakan Minyak Zaitun
Melakukan pemolesan peralatan berbahan stainless steel bukan hanya mempunyai tujuan untuk membuat atau pun mengembalikan sifat kilau asli dari stainless steel itu sendiri, melainkan juga bisa digunakan untuk melindungi bagian permukaannya. Apabila anda menemukan sedikit goresan-goresan kecil atau pengelupasan, minyak zaitun bisa digunakan untuk memoles stainless steel anda untuk memulihkannya. Penggunaan minyak zaitun juga bisa untuk merawat peralatan berbahan stainless steel.
Cara pengaplikasiannya cukup mudah, setelah proses pembersihan menggunakan air dan sabun cuci piring selesai, anda bisa memolesnya dengan minyak zaitun untuk memaksimalkan kebersihan peralatan anda. Tuangkan minyak zaitun ke lap kering dan usap-usapkan ke seluruh bagian secara merata dan menyeluruh. Usahakan pada saat mengelapnya sesuaikan arah dari serat stainless steel untuk menghindari goresan-goresan kecil pada peralatan berbahan stailess steel anda. Biarkan beberapa menit setelah melakukan proses pengaplikasian. Jangan lupa lap kembali dengan lap kering ataupun tisu.
6. Menjaga Peralatan Dapur Agar Tetap Kering
Cara Membersihkan Peralatan Dapur Dari Stainless Steel selanjutnya adalah manjaga agar semua peralatan dalam keadaan kering. Hal ini sering diabaikan dalam proses membersihkan peralatan berbahan stainless steel. Padahal cara ini juga ikut andil dalam menjaga dan merawat peralatan berbahan stainless steel. Setelah melakukan pembersihan dengan menggunakan air, alangkah baiknya jangan lupa untuk mengelap sisa-sisa air yang menempel sampai dalam kondisi benar-benar kering. Mengapa hal ini harus dilakukan? Karena dengan menjaga peralatan berbahan stainless steel dalam keadaan kering, bermanfaat untuk menghindari bercak-bercak yang ditimbulkan oleh air yang mengering karena dibiarkan saja tanpa dilap menggunakan lap kering.
7. Menggunakan Bubuk Soda Kue
Cara ini bisa dilakukan dan diaplikasikan ke peralatan berbahan stainless steel yang berkerak dan terdapat noda yang membandel akibat malas membersihkan sesegera mungkin setelah melakukan aktifitas di dapur seperti halnya memasak. Membiarkan peralatan dapur berbahan stainless steel dalam keadaan kotor dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan noda-noda yang menumpuk dan menempel akibatnya muncul noda yang membandel. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan cara menuangkan bubuk soda kue sebanyak satu sendok makan dan beri air secukupnya sehingga menghasilkan adonan yang kental seperti pasta gigi.
Proses selanjutnya tinggal oleskan pasta yang sudah dibuat ke bagian yang mempunyai noda membandel. Biarkan dalam kurun waktu selama setengah jam sebelum menggosok dan mengusapnya dengan lap setengah basah atau kondisi lembab. Setelah kiranya setengah jam berlalu gosok dan usap secara perlahan dengan lap setengah basah dengan mengikuti arah serat peralatan berbahan stainless steel agar tidak timbul goresan-goresan kecil. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Kemudian lap sampai kering agar tidak timbul bercak-bercak air yang mengering. Cara ini bisa digunakan jika memang anda belum sempat membersihkan peralatan anda. Tapi saran penulis, jangan biasakan budaya malas ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

All About Kitchen

@soratemplates