Ingredients

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai pero. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Sejarah

Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith "The Tomato in America", tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Tengah. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia Spanyol juga kemudian membawa tomat keFilipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.

Macam

Terdapat ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan dan diperdagangkan. Pengelompokan hampir selalu didasarkan pada penampilan atau kegunaan buahnya.

Berdasarkan penampilan

Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.
Dari ukuran dan bentuk, tomat dikelompokkan sebagai berikut:
  • granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
  • gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar 'Gondol Hijau' dan 'Gondol Putih', dan keturunan dari kultivar impor 'Roma') dan termasuk pula tomat buah,
  • sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan
  • ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Berdasarkan kegunaan

Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.
Perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.

Penyimpanan
Tomat bukan jenis sayur yang cocok disimpan dalam lemari es, terutama jika suhu lemari es di bawah 10o C. Suhu dingin ini mengganggu kematangan tomat karena tomat tergolong sayur yang masih mengalami proses pematangan setelah dipanen. Proses pendinginan juga akan membuat tomat mudah merah, tidak mengandung banyak air, serta hambar. Idealnya, simpan tomat dalam suhu ruang yang sejuk (13° C -19° C) agar terhindar dari risiko kerusakan akibat suhu dingin (chilling injury).  



Cabai rawit atau cabai kathur, adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Selain di Indonesia, ia juga tumbuh dan populer sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Di Malaysia dan Singapura ia dinamakan cili padi, di  siling labuyo, dan di Thailand phrik khi nu. Di Kerala, India, terdapat masakan tradisional yang menggunakan cabai rawit dan dinamakan kanthari mulagu. Dalam bahasa Inggris ia dikenal dengan nama Thai pepper atau bird's eye chili pepper.
Buah cabai rawit berubah warnanya dari hijau menjadi merah saat matang. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada varietas cabai lainnya, ia dianggap cukup pedas karena kepedasannya mencapai 50.000 - 100.000 pada skala Scoville. Cabai rawit biasa di jual di pasar-pasar bersama dengan varitas cabai lainnya.
Terdapat  pribahasa Indonesia "kecil-kecil cabai rawit" (Malaysia: kecil-kecil cili padi), yang artinya kecil-kecil tetapi pemberani. Hama yang menyerang antara lain Bactrocera papayae dan Bactrocera carambolae.
Manfaat bagi kesehatan:
  1. Meningkatkan sirkulasi darah
  2. Membantu nyeri otot
  3. Membantu detoksifikasi
 Ada beberapa tips agar cabe tidak busuk saat disimpan lebih lama, walaupun kondisi cuaca lembab yang seringkali menjadi penyebab utama cabe mudah rusak.
  1. Saat membeli cabe pastikan memilih berkualitas cabe yang baik dengan cara memencet bagian tengah, pilihlah cabe yang agak keras dan terlihat segar apalagi jika membeli dalam jumlah banyak tentu akan sanat merugikan jika memilih cabe yang kualitas kurang baik
  2. Simpan cabe pada tempat yang kering dan tidak lembab, jika anda menggunakan plastik sebagai media penyimpanan saat membeli segera keluarkan dari dalam plastik dan angin-anginkan untuk memastikan cabe tidak lembab akibat uap selama dalam plastik.
  3. Masukkan dalam kulkas, namun sebelumnya pastikan cabe tidak dalam kondisi lembab atau basah.
  4. Jangan mencuci cabe setelah membeli, lebih baik cuci saat akan dipakai untuk memastikan cabe tetap dalam kondisi segar dan tidak lembab.
  5. Jika tidak memiliki kulkas simpan cabe pada wadah yang berventilasi sehinga terhindar dari kelembaban dan letakkan pada tempat yang tekena angin dan tidak lembab


 

Gula aren atau Gula merah adalah pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula arena biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

Cara pembuatan

Sebagai gula merah

Bunga (mayang) atau (bunga kelapa) yang belum mekar diikat kuat (kadang-kadang dipres dengan dua batang kayu) pada bagian pangkalnya sehingga proses pemekaran bunga menjadi terhambat. Sari makanan yang seharusnya dipakai untuk pemekaran bunga menumpuk menjadi cairan gula. Mayang membengkak. Setelah proses pembengkakan berhenti, batang mayang diiris-iris untuk mengeluarkan cairan gula secara bertahap. Cairan biasanya ditampung dengan timba yang terbuat dari daun pohon palma tersebut. Cairan yang ditampung diambil secara bertahap, biasanya 2-3 kali. Cairan ini kemudian dipanaskan dengan api sampai kental. Setelah benar-benar kental, cairan dituangkan ke mangkok-mangkok yang terbuat dari daun palma dan siap dipasarkan. Gula merah sebagian besar dipakai sebagai bahan baku kecap manis.

Sebagai gula aren

Bunga jantan pohon enau yang dikumpulkan terlebih dahulu dalam sebuah bumbung bambu. Untuk mencegah nira mengalami peragian dan nira yang telah mengalami fermentasi tidak bisa dibuat gula, maka ke dalam bumbung bambu tersebut ditambahkan laru atau kawao yang berfungsi sebagai pengawet alami.
Setelah jumlahnya cukup, nira direbus di atas tungku dalam sebuah wajan besar. Kayu terbaik untuk memasak gula aren berasal dari kayu aren yang sudah tua. Karena kalori ini lebih tinggi dari kayu bakar biasa maka proses memasaknya juga lebih cepat. Sekalipun demikian, api tidak juga boleh terlalu besar sampai masuk ke dalam wajan dan menjilat serta membakar gula yang sedang dimasak. Kalau ini terjadi gula akan hangus, rasanya akan pahit dan warnanya menjadi hitam.
Gula aren sudah terbentuk bila nira menjadi pekat, berat ketika diaduk dan kalau diciduk dari wajan dan dituangkan kembali adukan akan putus-putus. Dan kalau tuangkan ke dalam air dingin, cairan pekat ini akan membentuk benang yang tidak putus-putus.Kalau sudah begitu, adonan diangkat dari tungku dan dicetak.

Manfaat Gula Aren

1. Sebagai bahan dasar pembuatan masakan
Gula aren sudah sejak dahulu kala dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan makanan dan minuman khas Indonesia. Rasanya yang manis dan legit serta nikmat membuat gula aren menjadi salah satu pilihan utama dalam proses pembuatan makanan dan minuman yang ada dan menjadi ciri khas Indonesia. Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman khas Indonesia yang memanfaatkan gula aren :
  • Wedang
  • Es kelapa muda
  • Kue-kue, seperti klepon, putu
  • Maskan nusantara, seperti gudeg
2. Penambah tenaga
Mungkin sedikit dari anda yang mengetahui manfaat gula aren bagi kesehatan sebagai salah satu sumber tenaga. Gula aren memiliki kandungan kalori, yang memang tidak tinggi. Namun, karena kandungan kalori yang tidak tinggi inilah yang menjadi kelebihan dari gula aren. Meskipun memiliki kalori yang tidak tinggi, namun gula aren mampu memberikan tenaga dan energi yang cukup. Biasanya para pendaki gunung membawa bekal gula aren untuk menambah energi dan tenaga mereka ketika lelah dalam melakukan pendakian.
2. Mencegah anemia
Dari segi kesehatan, gula aren pun tidak boleh dipandang sebelah mata. Gula aren memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaatnya yang pertama ialah gula aen mampu mencegah terjadinya anemia pada tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi pada gula aren yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah kekurangan darah atau anemia. Dengan tercukupinya kandungan darah di dalam tubuh, maka tubuh kita akan terhindar dari gejala – gejala yang disebabkan oleh anemia, seperti :
  • 5L ( Lemah, lelah, letih, lesu, lemas)
  • Mudah terserang penyakit
  • Daya tahan tubuh yang berkurang
  • Tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas.
4. Memperlancar Peredaran Darah
Manfaat lain dari gula aren yang patut anda ketahui ialah gula aren mampu untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh anda. Dengan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh anda. Maka tubuh anda mampu terhindar dari beerbagai macam gangguan – gangguan yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini beberapa hal yang dapat membahayakan tubuh ketika peredaran darah di dalam tubuh anda terhambat dan tidak lancar :
  • Suplai oksigen ke otak berkurang, mengakibatkan menurunnya konsentrasi dan daya pikir
  • Kerja jantung menjadi lebih berat dan mengakibatkan gagal jantung
  • Suplai darah ke berbagai organ tubuh akan berkurang, sehingga akan menimbulkan gangguan pada organ – organ tubuh yang membutuhkan suplai darah yang optimal
  • Tubuh akan terasa cepat lelah dan juga lemas
5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat gula aren asli adalah mampu meningkatkan daya tahan alias imunitas tubuh. Kandungan yang ada pada gula aren mampu menjadi pemicu naiknya daya tahan tubuh, sehingga akan sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. dengan terjaga dan meningkatnya daya tahan atau imunitas tubuh anda, maka anda akan :
  • Sulit terserang penyakit
  • Selalu merasa segar dan fit dalam beraktivitas
  • Tidak mudah merasa lelah
  • Mengoptimalkan fungsi dan kinerja dari organ-organ dalam tubuh
6. Menjaga kadar kolestrol tubuh
Salah satu kandungan penting dari gula aren, yaitu kandungan niacin merupakan salah satu kandungan yang mampu menjaga kadar kolesterol tubuh akan tetap terjaga. Hal ini berarti kondisi kadar kolesterol tubuh yang tinggi akan segera normal kembali dengan mengkonsumsi gula aren. Kadar koleterol yang terlalu tinggi akan sangat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini beberapa kemungkinan buruk yang akan terjadi apabila kadar kolestrol dalam tubuh tidak terjaga dengan baik :
  • Diabetes
  • Jantung coroner
  • Stroke
  • Asam urat
  • Tubuh menjadi lemas lesu dan lemah
  • Mudah mengantuk
  • Kurang konsentrasi
  • Sesak nafas
 
7. Sebagai campuran pada ramuan obat tradisional
Indonesia kaya akan rempah rempah dan ramuan – ramuan obat tradisional, alias jamu yang sangat beragam. Untuk menghasilkan jamu dan ramuan herbal yang berkualitas, biasanya digunakan campuran bahan – bahan herbal yang berasal dari apotek hidup dan dicampur dengan gula aren. Gula aren selain berfungsi sebaga pemanis, berfungsi juga untuk memaksimalkan khasiat dari ramuan – ramuan herbal dan jamu yang akan dikonsumsi. Ramuan dan jamu ini biasanya efektif dalam menyembuhkan beberapa penyakit ringan, seperti :
  • Asam urat
  • Reumatik
  • Pegal-pegal
  • Masuk angin
  • Demam
  • Flu dan batuk
8. Sebagai bahan pemanis rendah kalori
Yang namanya gula, sudah pasti memiliki rasa yang sangat manis dan legit. Namun demikian, saat ini banyak orang yang tidak suka dan menghindari gula putih karena dianggap memiliki kalori yang terlalu tinggi dan dapat menyebabkan obesitas, hingga diabetes. Berbeda dengan gula putih, manfaat gula aren untuk diabetes masih aman untuk dikonsumsi dalam batasan yang wajar. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalori pada gula merah yang relative jauh lebih rendah dibandingkan gul aputih biasa.
Hal ini tentunya akan sangat menaikkan popularitas gula aren sebagai bahan pemanis rendah kalori. Hingga saat ini masih dimanfaatkan sebagai bahan pemanis, terutama pada minuman-minuman sehari-hari. Itulah beberapa manfaat dari gula aren yang perlu anda ketahui. Mungkin ada beberapa yang belum mengetahui kegunaannya yang luar biasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

All About Kitchen

@soratemplates